Selasa, 01 September 2015

TAMAN REKREASI SENGKALING





    Lokasinya yang tepat berada di tepi jalan raya yang menghubungkan kota Malang dengan kota Batu membuat objek wisata ini sangat mudah dicapai oleh kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Surabaya, arahkan kendaraan menuju menuju ke kota Malang. Sampai di pertigaan Karanglo (Bentoel) lurus menuju Blimbing, sampai pertigaan Masjid Sabilillah belok kanan menuju Jl. Soekarno Hatta. Setelah sampai pertigaan Jembatan Unibraw belok ke kanan ke arah Sengkaling.

   Taman Rekreasi Sengkaling ini pertama kali didirikan pada tahun 1950 oleh seorang warga Belanda bernama Mr. Coolman. Tahun 1975 sampai awal Mei 2013, pengelolaan Taman Rekreasi Sengkaling diambil alih oleh PT. Bentoel Group. Pada awal beroperasinya, taman ini hanya diperuntukkan bagi karyawan PT. Bentoel hingga pada akhirnya dibuka untuk umum. Sejak bulan Mei 2013 lalu, Sengkaling diambil alih pengelolaannya oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
Konsep Taman Rekreasi Sengkaling adalah sebagai tempat wisata keluarga yang bernuansa alam dan menonjolkan air sebagai fungsi utamanya. Salah satu yang menarik dari tempat wisata ini adalah airnya yang berasal dari sumber alami pegunungan. Sengkaling memiliki beberapa wahana permainan yang menarik.  Adapun wahana dan fasilitas di objek wisata ini antara lain 5 unit kolam renang (air panas dan air dingin), 2 unit gedung serbaguna (function room), 13 unit permainan (boom-boom car, sepeda air, bumper boat, kiddy train, dan lain-lain), 2 unit restoran, halaman parkir yang luas dan teduh, fitness centre, dan 2 unit lapangan tenis. Di Sengkaling kita juga bisa menyaksikan beberapa  koleksi satwa. Ada juga danau buatan yang berpanorama indah dengan view pepohonan rindang di sekitarnya. Jika ingin menikmati danau ini, Anda dapat mengelilinginya dengan menggunakan sepeda air atau perahu dayung. Rumah makan dengan berbagai menu juga banyak terdapat di taman rekreasi ini. Selain itu, Taman Rekreasi Sengkaling juga memiliki fasilitas pendukung berupa aula Bougenville Room yang berkapasitas 700 orang. Aula ini dapat Anda sewa untuk mengadakan pesta pernikahan, ulang tahun, atau acara-acara lainnya. Biasanya pada hari-hari besar atau liburan panjang Taman Rekreasi Sengkaling menghadirkan pertunjukan musik. Objek wisata ini buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 06.00 hingga pukul 17.00 WIB. Khusus hari Sabtu, Minggu dan Hari Besar beroperasi pukul 06.00 – 20.00 WIB.

    Taman Rekreasi Sengkaling menyediakan beberapa jenis tiket terusan bagi para pengunjung.   Tiket masuk biasa adalah Rp 15.000, belum termasuk harga tiket untuk masing-masing wahana. Tiket terusan untuk orang dewasa yaitu Paket Pinishi seharga Rp 30.000. Dengan tiket ini, pengunjung sudah bisa menikmati beberapa wahana seperti kapal misteri, sepeda air, dunia ikan, kincir angin, pesona primitif, bom-bom car, Volcano Adventure, Expression Zone, perahu motor, goa salju, dan Merry Go Round. Sedangkan tiket terusan untuk anak-anak usia 3 tahun ke atas yaitu Paket Kano seharga Rp 25.000. Paket ini meliputi wahana kolam pesona primitif, bom-bom car, perahu motor, kincir angin, Merry Go Round, kiddy train, kiddy car dan kiddy plane. Lokasinya yang tepat berada di tepi jalan raya yang menghubungkan kota Malang dengan kota Batu membuat objek wisata ini sangat mudah dicapai oleh kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Surabaya, arahkan kendaraan menuju menuju ke kota Malang. Sampai di pertigaan Karanglo (Bentoel) lurus menuju Blimbing, sampai pertigaan Masjid Sabilillah belok kanan menuju Jl. Soekarno Hatta. Setelah sampai pertigaan Jembatan Unibraw belok ke kanan ke arah Sengkaling. Jika menggunakan angkutan umum, dari Terminal Bus Arjosari Malang bisa naik bus jalur ADL atau AL menuju Terminal Landungsari. Sampai di Terminal Landungsari bisa langsung jalan kaki menuju arah Sengkaling (sekitar 500 m kampus III UMM).

Sengkaling Food Festival

    Sengkaling Food Festival ( SFF ) merupakan ikon wisata baru di Malang, yang dibangun di kawasan Taman Rekreasi Sengkaling ( TRS ). Konsep penggabungan Wisata Kuliner dengan Taman Rekreasi, didukung pengaturan Site Plan , Desain Gedung , Penataan Outlet dan Lighting System yang mumpuni sehingga memberi kesan sensasional yang tak akan terlupakan.
   SFF menempati areal seluas 3 hektar di depan TRS, lokasi yang sangat strategis terletak di jalan raya antara Malang - Batu , dekat dengan beberapa Perguruan Tinggi terkenal antara lain ; Universitas Muhammadiyah Malang , Universitas Islam Malang , Universitas Brawijaya dan UIN Maulana Malik Ibrahim. Didukung dengan areal parkir SFF yang sangat luas , dengan sistem pengelolaan parkir yang baik , mampu menampung ratusan kendaraan , sehingga diharapkan dapat  memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung SFF.
   Sebagai pusat kuliner terbesar di Jawa Timur , SFF menyediakan ratusan tenant yang menyajikan beragam menu berkualitas dengan harga yang terjangkau bagi semua kalangan , mulai keluarga , pelajar dan mahasiswa , pelajar dan para wisatawan. Selain kuliner , SFF juga menyediakan tenant yang menjual makanan / minuman khas Malang yang dapat dijadikan oleh - oleh , serta terdapat butik yang menjual pakaian bermerek dan berkualitas . SFF sangat tepat sebagai tempat hang out , meeting point, kongkow dan kumpul dengan keluarga , teman maupun kolega.
   SFF buka setiap hari mulai pukul 16.00 s/d 23.00 WIB , kecuali hari Sabtu dan Minggu SFF buka mulai pukul 12.00 s/d 23.00 WIB. Soft Opening SFF telah dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2014 , animo masyarakat / pengunjung dengan dibukanya SFF sangat bagus diluar perkiraan dari Pengelola , meskipun masih dalam masa Soft Opening. Grand Opening SFF direncanakan dalam bulan Agustus - September 2014 dan akan dimeriahkan oleh Artis Terkenal dari Ibukota.

   Tujuan TRS menyelenggaran SFF antara lain adalah untuk mengubah imagemasyarakat luas bahwa TRS / Taman Rekreasi Sengkaling sedang dan akan selalu berubah seiring dengan perkembangan pariwisata di Malang. TRS akan bertransformasi berubah menjadi taman rekreasi yang moderen , yang akan kembali menjadi tempat tujuan utama para wisatawan Malang dan Jawa Timur. Grand Designdan Masterplan TRS yang baru sudah selesai dibuat , hasil karya arsitek ternama . Tahap awal dari Masterplan ini yaitu SFF, sudah mulai direalisasikan sebagai wujud komitmen TRS menjawab kebutuhan masyarakat / wisatawan dan tantangan jaman.
Taman rekreasi Sengkaling
Sengkaling Food Festival
    















                                                         Sumber : klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar